Fenomena yang Bisa Terjadi saat Menyontek


Fenomena adalah rangkaian peristiwa serta bentuk keadaan yang dapat diamati dan dinilai lewat kaca mata ilmiah atau lewat disiplin ilmu tertentu. Fenomena terjadi di semua tempat yang bisa diamati oleh manusia. Diantara fenomena itu ada fenomena yang sering terjadi ketika seseorang melakukan sebuah perbuatan tertentu yaitu ketika menyontek dan ternyata ada 29 hal yang bisa terjadi jika anda berbuat curang dalam ujian.

1. Anda tidak bisa mengukur seberapa jauh kemampuan anda.

2. Anda tidak tahu sejauh mana anda bersiap-siap ketika ujian.

3. Anda tidak bisa merasakan betapa nikmatnya berlaku jujur.

4. Anda tidak akan tahu seberapa hebat anda menaklukkan soal-soal.

5. Anda tidak akan bisa merasa puas secara menyeluruh maksudnya ketika anda mendapat nilai bagus dan ternyata di dapat dengan menyontek maka rasa kepuasan anda jauh berbeda di banding anda mendapat nilai bagus tetapi dengan hasil usaha sendiri. Cobalah anda renungkan point ini !!!

6. Anda akan tahu ternyata teman anda bersedia untuk di ajak kerjasama dalam hal yang tidak baik.
7. Anda tidak akan tahu seberapa hebat dosen anda dalam membuat soal. Karena sebagian dosen membuat soal yang mudah sehingga terkadang tanpa belajar yang seriuspun seorang mahasiswa bisa mendapat nilai baik dan terkadang juga sebaliknya, dosen membuat soal sangat sulit sehingga para mahasiswapun harus benar-benar serius belajar untuk mendapat nilai yang baik.

8. Anda tidak akan paham dengan berbagai macam materi yang telah disampaikan dosen.

9. Jika anda menyontek dan mendapat nilai bagus dan anda bahagia maka kebahagiaan anda di bangun di atas cara yang tidak baik dan tentunya ini suatu hal yang buruk. Sebaliknya, jika anda tidak menyontek kemudian anda mendapat nilai bagus dan anda bahagia maka kebahagiaan anda di bangun di atas cara yang baik dan ini mulia.

10. Anda tidak akan tahu betapa beratnya untuk berlaku sabar dalam ujian yaitu berusaha untuk tidak menyontek.

11. Terkadang anda di buat bingung ketika menyontek jawaban teman anda. Teman anda yang ini menjawab ‘B’ sedangkan teman anda yang itu menjawab ‘A’. Jika anda tidak menyontek maka anda bisa jadi tidak di buat bingung asalkan anda benar-benar belajar karena jika anda tidak belajar dan tiba-tiba anda bingung ketika di hadapkan soal maka yang ini janganlah sampai terjadi.

1 2. Anda akan terdidik untuk melakukannya kembali dalam ujian di lain waktu artinya anda ketagihan untuk menyontek kembali.

13. Anda akan merasakan bahwa perilaku buruk anda mulai bertambah dan ini tidak baik bagi anda karena sebaik-baik muslim adalah yang meninggalkan perbuatan buruknya.

14. Anda akan memiliki otak yang di manjakan atau kurang di gunakan sebagaimana mestinya sehingga saya mengkhawatirkan, dengan menyontek akan melemahkan kemampuan intelektualitas atau kepandaian anda sehingga perlahan-lahan anda akan menjadi kurang berilmu.

15. Terkadang dengan menyontek anda malah mendapat nilai buruk karena kebetulan teman anda yang biasa menjadi tempat contekan tidak belajar.

16. Keilmuan anda akan di ragukan oleh teman anda yang berlaku jujur ketika ujian apalagi jika dia tahu kalau anda mendapatkan nilai bagus dengan menyontek.

17. Tidak ada manfaatnya anda bangun pagi kemudian kuliah pulang sore kalau sampai meja ujian anda menyontek.

18. Jika anda menyontek maka anda akan kehilangan wibawa dan harga diri di hadapan teman anda. Karena dia melihat kelemahan yang ada dalam diri anda.

19. Dengan menyontek dalam diri anda akan banyak muncul sifat ketergantungan yang buruk kepada orang lain.

20. Jika anda menyontek maka akan muncul rasa kurang percaya dalam diri anda. Bagaimana mungkin anda bisa mempercayai teman anda sedangkan kepada diri anda saja anda kurang percaya? Ini sungguh tidak masuk akal.

21. Jika anda menyontek dan mendapat nilai buruk maka ada kemungkinan anda akan menyalahkan teman anda yang jadi contekan sekalipun anda hanya menyalahkannya dalam hati.

22. Sering muncul kejadian bahwa teman yang menjadi contekan ‘bete’ dengan teman yang suka menyontek hingga besar harapan dia ingin berpisah tempat duduk dengannya.

23. Jika anda menyontek maka anda bisa mengganggu teman anda yang lain karena perbuatan menyontek itu menimbulkan 2 bentuk

    1. Gangguan dalam suara. Contohnya, Low Level Sound of Contek (LLSC) atau suara bisik-bisik ketika menyontek.
    2. Gangguan dalam bentuk perbuatan. Contohnya, saling melempar kertas, saling bertukar jawaban melalui transaksi kecil, bangkit dari tempat duduk dan tengok jawaban teman, menunjukkan lembar jawaban, dll.

24. Terkadang menyontek dalam ujian malah merepotkan karena anda harus tengok sana-tengok sini untuk mendapatkan jawaban dan belum lagi kalau anda ketahuan menyontek oleh pengawas.

25. Jika anda menyontek maka anda secara langsung membantu dalam membudayakan kebiasaan yang buruk ketika ujian
26. Jika anda menyontek maka anda telah menyia-nyiakan amanah orang tua anda karena banyak orang tua yang memberi nasehat kepada anaknya ketika mau berangkat untuk menuntut ilmu agar berbuat yang baik-baik dan apakah menyontek termasuk perbuatan baik??
27. Jika anda selesai menyontek maka ada 2 kemungkinan yang bisa muncul:
    1. Anda akan ketagihan kemudian akan mengulanginya di kesempatan ujian mendatang dan ini bukanlah yang kami harapkan. Kemudian…
    2. Anda akan sadar dari perbuatan tsb dan bergegas untuk bertaubat darinya karena anda paham bahwa pebuatan tsb adalah salah dan inilah yang kami harapkan.
Semoga tulisan singkat ini bisa menjadi bahan renungan supaya kita menghindari perbuatan menyontek..
Sumber :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s