Hal-Hal yang Mengotori Aqidah


  1. SYIRIK

Banner-B-SPerbuatan syirik dapat merendahkan harkat dan martabat manusia,apalagi jika sifat ketuhanan itu alam lain yang bukan manusia.Syirik sendiri dari segi bahasa artinya mempersekutukan Allah atau menyembah dan percaya kepada selain Allah,orang yang melakukan syirik disebut Musyrik.Seseorang yang musyrik melakukan perbuatan yang seharusnya perbuatan itu ditunjukan kepada Allah seperti,menuhankan,meminta tolong.Perbuatan syirik termasuk dosa besar,Alah mengampuni semua dosa yang dilakukan hambanya kecuali syirik seperti firman Allah dibawah ini:

Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik,dan Dia mengampuni segala dosayang selain(syirik) itu,bagi siapa yang dikehendakiNya.Barang siapa yang mempersekutukan Allah,maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar”Q.S AN-NISAA :48.

  • Macam-macam syirik

syirik

Syirik dari sifat dan tingkatanya sanksinya,dapat dibagi menjadi dua yaitu syirik besar (as-syirku al-akbar) dan syirik kecil (as-syirku al-asghar).2. Syirik besar

Syirik ini pelakunya tidak  akanmendapat ampun dari Allah,syirik besar ada dua macam yaitu Dzahirun jail (tampak nyata) ,yaitu penyembah kepada tuhan-tuhan selain Allah seperti kepada berhala,ular,bintang bulan dan matahari,demikian menyembah mahluk goib seperti jin,setan,dan malaikat ,sedangkan Bathinun khafi (tersembunyi) antara lain meminta pertolongan kepada orang yang sudah meninggal,patuh kepada undang-undang atau hukum yang bertentangan dengan Hukum Allah.

Setiap orang yang mengikuti selain dari apa yang telah disyariatkan Allah dan rosul berarti telah terjerumus ke lembah kemusrikan seperti firman Allah dibawah ini “….dan jika kamu menuruti mereka,sesungguhnya kamu telah menjadi orang-orang musyrik”.Q.S Al an’am :121

  1. Syirik kecil

Syirik jenis ini  termasuk dosa besar,akan tetapi masih ada peluang diampuni Allah jika pelakunya segera bertaubat.Seorang pelaku syirik asghar dikawatirkan akan meninggal dunia dalam keadaan kufur jika tidak segera taubat.

Contoh perbuatan syirik antara lain: Bersumpah dengan nama selain Allah, Memakai azimat, Mantera,Sihir,Peramalan,Dukung dan tenung,Bernadzar kepadaselain Allah, Riya’.

doa dari syirik

2. IRI HATI , DENGKI

hasad, fitnah, mengumpatIri hati atau dengki adalah perasaan benci  atau  tidak senang kepada seseorang yang memperoleh keberuntungan atau kebahagiaan, serta mengharapkan agar keberuntungan orang tersbut segera lenyap. Iri hati atau dengki merupakan sifat tercela yang sangat berbahaya baik bagi orang yang memiliki sifat tersebut sifat ini ibarat api yang membakar kayu; “dengki itu dapat makan (menghabiskan) kebaikan sebagaimana api membakar kayu”. (HR.abu daud dan ibnu majah). Sifat ini dapat ditimbulkan oleh beberapa sebab: adanya rasa permusuhan dan kebencian, tidak bersyukur, perasaan tinggi diri, kikir atau  pelit.

Doa Mohon Jauh Dr Hasad Dengki

3.SOMBONG

sombongSombong adalah merasa diri lebih tinggi dari orang lain, baik keturunan, kekayaan, kepandaian. Seperti firman Allah dibawah  ini“sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembahku akan masuk neraka jahannam dalam  keadaan hina-dina”. QS.al-mukmin : 60

Sombong ada dua macam, yaitu sombong lahir (takabur zahir) dan sombong batin (takabur batin).Sombong lahir yaitu perbuatan-perbuatan kesombongan yang dilakukan oleh angota badan dan jelas terlihat.Sombong batin yaitu sifat kesombongan didalam jiwa atau hati yang tidak terlihat.

v

4.KUFUR

syukur..kufurKufur merupakan kata kerja lampau (fi`il madhi) yang secara bahasa berarti menutupi. Sedang kata kafir merupakan bentuk kata benda pelaku (isim fa’il) yang terbentuk dari kata ka-fa-ra yang berarti menutupi. Dalam al-Quran kata kufr terulang sebanyak 525 kali .Penyebab terjadinya kekafiran diantaranya :

a.Faktor Internala

b. Kepicikan dan kebodohan

c. Kesombongan dan keangkuhan

d. Keputusasaan dalam hidup

e. Kesuksesan dan kesenangan dunia

Lahir dalam keluarga muslim merupakan pemberian Allah di luar kehendak manusia. Jika selanjutnya menjadi muslim juga merupakan hidayah di luar ikhtiar manusia. Hal ini bisa berubah sebaliknya, karena faktor pendidikan, dakwah dsb.

Jenis-jenis kufur :Kufr inkar,Kufr Juhud, Kufr Nifaq,Kufr syirik,Kufr nikmat, Kufr riddat

aa

5.MURTAD

Awas_Terjebak_MurtadKata murtad berasal dari kata irtadda menurut wazan ifta’ala, berasal dari kata riddah yang artinya:berbalik. Kata riddah dan irtidad dua-duanya berarti kembali kepada jalan, dari mana orang datang semula. Tetapi kata Riddah khusus digunakan dalam arti kembali pada kekafiran, sedang kata irtidad digunakan dalam arti itu, tapi juga digunakan untuk arti yang lain (R), dan orang yang kembali dari Islam pada kekafiran, disebut murtad.

MURTAD

6.MUNAFIQ

munafikMunafiq merupakan apabila berjanji mengingkari, apabila berkasta dusta, dan apabila dipercaya mengkhianati.

Nabi saw bersabda :

“Buatkanlah jaminan enam hal kepadaku tentang dirimu, maka aku akan menjamin kamu masuk surga, (yaitu) : Jujurlah bila kamu berkata, tepatilah bila kamu berjanji, tunaikanlah bila kamu dipercaya, peliharalah kemaluanmu, pejamkanlah matamu, dan jagalah kedua tanganmu”

Dari dalil diatas terlihat bahwa orang yang bisa melakukan enam hal diatas akan dijamin masuk surga. Sedangkan orang munafik adalah orang yang mengabaikan tiga dari enam hal diatas sehingga orang yang munafik jaminannya adalah kebalikan dari surga yaitu neraka.

munafiq

Pernyataan diatas memberikan penjelasan bahwa apabila seseorang itu suka berdusta, maka ia adalah orang munafik. Oleh karena itu, setiap muslim wajib untuk menjaga dirinya dari tanda-tanda orang munafik, karena apabila seseorang terbiasa untuk berdusta, maka ia akan ditulis disisi Allah sebagai orang munafik, dan ia akan dibebani dosa dirinya dan dosa orang-orang yang meniru perbuatannya.

  1. CARA MENINGKATKAN KUALITAS AQIDAH
  • memperbanyak membaca al quran
  • medalami ilmu agama dan ilmu lain yang medukungnya
  • banyak melakukan amal shaleh
  • memperbanyak dzikir baik dzikir qauli maupun amali
  • mengahayati keagungan dan kekuasaan Allah melalui ayat-ayat qauliyah
  • memperbanyak ibadah baik mahdah maupun ghairu mahdah

Kesimpulan

  1. HIKMAH DARI MENGHINDARI HAL-HAL YANG MERUSAK AQIDAH

Iman memiliki pengaruh yang sangat besar dalam kehidupan seorang mukmin.Jika hal tersebut benar maka akan memberikan hal-hal yang positif,namun jika iman kita sudah tercampur dengan hal-hal yang dilarang oleh Allah,maka akan memberikan pengaruh yang negatf dalam kehidupan dan menyengsarakan kehidupan.Oleh karena itu kita sebagai manusia yang beriman dan taat kepada Allah harusmenghindari hal-hal yang merusak aqidah seperti syirik,iri hati,sombong,munafik,murtad.Dan hikmah yang bisa kita rasakan antara lain:

a)      Menjadikan kita sebagai manusia memiliki pandangan yang luas

b)      Mengangkat manusia ke derajat yang paling tinggi dan mulia

c)      Mengalirkan rasa kesederhanan dan kesehajaan

d)     Tidak mudah putus asa

e)      Membuat manusia menjadi suci dan benar

f)       Mengembangkan sikap cinta damai dan keadilan

g)      Menjadi taat dan patuh terhadap hukum-hukum Allah

KESIMPULAN

Dari penjelasaa diatas , dapat kita kita simpulkan bahwa aqidah seorang muslim dapat kotor dan rusak dikarenakan hal-hal berikut:syirik, iri hati, sombong, munafik, murtad,kufur.Oleh karena itu kita sebagai manusia yang beriman harus menjahui hal-hal tersebut bahkan jangan sampai melakukannya.Karna kita akan mendapat dosa dan kita akan mengalami berbagai kerugian dalam hidup dinunia,bahkan belum diakhirat nanti.Sebaiknya kita selalu memperbanyak membaca dan mengamalkan al-qur’an,mendalami ilmu agama dan ilmu lain yang mendukung, memperbanyak dzikir dan sholawat kepada Allah,dan yang lebih penting kita selalu percaya bahwa Allah itu Esa.

DAFTAR PUSTAKA

 

Aisyah Syukur, dkk.Aqidah Ahklaq, Madrasah Aliyah, CV.Gani & son,2004.

http://id.wikipedia.org/wiki/syirik

diakses pada hari Senin,07 oktober 2013 pada pukul 10.00.

Muhammad AL-Ghazali, Aqidah Al-muslim, (kwait, Dar Al-bayan, 1970).

http://contohmakalah.blogspot.com

diakses pada hari Selasa 08 oktober 2013 pada pukul 13.00

Aji Abdul Halim Mahmud, Tarbiyah Khuluhiyah, (Media Insani Press 2013).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s